Kliping Berita metrotvnews.com 7 November 2015

Ribuan Orang Berusia Produktif di Yogya Positif HIV & AIDS -

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Virus HIV kini banyak menjangkit generasi muda Yogyakarta. Bahkan, orang dengan usia produktif pengidap HIV dan AIDS di Kota Pelajar itu jumlahnya ribuan.
Melansir data dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) DIY, jumlah warga Yogyakarta yang terjangkit HIV dan AIDS hingga Maret 2015 adalah 3.106 orang.

Dari jumlah itu, yang paling banyak mengidap HIV dan AIDS adalah orang-orang berusia 20-29 tahun. Terbanyak ke dua, di usia 30-39 tahun.

Kepada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Sekretaris KPA DIY Riswanto mengatakan, pengidap di rentang usia 20-29 tahun berjumlah 997 orang. Rinciannya, 658 orang terjangkit HIV dan 339 orang terkena AIDS.  ”Lalu, usia 30-39 tahun berjumlah 920 orang,” ujarnya, ditulis Sabtu (7/11/2015).

Yang lebih mencengangkan, kata dia, sebanyak 197 pengidap HIV dan AIDS berstatus pelajar dan mahasiswa. “Bayangkan, usia 20 tahun sudah kena AIDS berarti saat usia belasan sudah terjangkit HIV. Karena dibutuhkan waktu 5-10 tahun dari HIV berubah jadi AIDS,” kata Riswanto.

Ia melanjutkan, makin bebasnya pergaulan di Yogyakarta serta penggunaan narkoba suntik adalah faktor utama yang menyebabkan anak muda terjangkit HIV.

Pergaulan bebas di Yogyakarta, kata dia, makin meningkat. Sebab, hasil penelitian KPA, remaja pembeli kondom terbanyak didominasi usia 18-30 tahun. “Kalau malam minggu, kondom paling laku di apotek,” tuturnya.

Demi mencegah dan mengurangi korban HIV pihaknya bekerja sama dengan SKPD dan pemerintahan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah dan universitas. Sosialisasi ke seluruh SMA dan SMK di DIY sudah pernah dilakukan tahun 2012.

“Sosialisasi menjangkau sekitar 500 SMA dan SMK. Sedangkan tahun 2015 kita kerja sama dengan Kemenag untuk sosialisasi ke madrasah, pondok pesantren dan KUA. Terutama ke guru-guru pendidikan jasmani, moral dan kesehatan,” kata dia.

Sementara, untuk tingkat perguruan tinggi, pihaknya gencar mensosialisasi setiap tahun ke universitas-universitas seluruh DIY. “Bahkan di beberapa universitas sudah membentuk sendiri kelompok peduli HIV dan AIDS seperti UGM, UNY, dan Universitas Ahmad Dahlan,” pungkasnya.
SAN

http://jateng.metrotvnews.com/read/2015/11/07/188407/ribuan-orang-berusia-produktif-di-yogya-positif-hiv-aids

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>