Kliping viva.co.id 9 November 2015

Lelaki Suka “Jajan” Masih Jadi Faktor Utama Tingginya Kasus HIV/AIDS di Yogyakarta -

Jogja,(sorotjogja.com) – Kasus HIV dan AIDS di Kota Yogyakarta masih cukup tinggi. Data komulatif yang dihimpun dari Komisi Penanggulangan HIV dan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta, sejak tahun 2004 hingga Maret 2015, tercatat sebanyak 831 kasus HIV dan AIDS dengan kecenderungan tiap tahunnya mengalami peningkatan.

Dari jumlah tersebut, 580 kasus diantaranya adalah HIV dan sisanya AIDS. Sedangkan dilihat dari segi jenis kelamin, penderitanya mayoritas adalah laki-laki dengan prosentase mencapai 64 %.

Sekretaris KPA Kota Yogyakarta Kaswanto mengungkapkan, yang paling memprihatinkan penderita HIV dan AIDS paling banyak ditemui pada usia produktif yakni 20 sampai 29 tahun yang sebagian besar tertular melalui transmisi seksual.

“Kalau di Yogyakarta wanita korban suami, karena laki-laki atau suami sering jajan. Profesi terbanyak adalah wiraswasta. Sedangkan penderita ibu rumah tangga juga mengalami peningkatan. Tapi kita masih selidiki, status ibu rumah tangga ini pengakuannya. Apakah benar-benar ibu rumah tangga, atau dia bekerja di tempat karaoke atau salon plus-plus, atau tempat lainnya,” katanya, Senin (09/11/2015).

Kaswanto menjelaskan, sebagai upaya menekan kasus HIV dan AIDS di Kota Yogyakarta, KPA telah melakukan berbagai upaya diantaranya membentuk kelompok Warga Peduli AIDS (WPA) di beberapa kelurahan di Kota Yogyakarta, dan dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Program ini juga didukung dengan dibuatnya puluhan outlet kondom gratis di sejumlah lokasi.

“Bagi mereka yang melakukan transaksi seks kita wajibkan pakai kondom. Tapi kendala yang kita hadapi adalah pengawasannya, apakah benar saat mereka beli atau mengambilkondom itu, benar-benar dipakai atau tidak. Karena yang menjadi pemicu juga, bargaining position perempuan dalam hal ini juga masih rendah,” jelasnya.

http://news.viva.co.id/nusantara/jogja/lelaki-suka-jajan-masih-jadi-faktor-utama-tingginya-kasus-hivaids-di-yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>